Ada berbagai mitos yang beredar di masyarakat luas di Indonesia. Salah satu mitos yang masih banyak dipercaya hingga kini adalah mitos berkaitan dengan kesehatan ibu hamil, seperti minum es dapat memicu bayi lahir dengan ukuran yang besar. Benarkah hal ini? Berikut penjelasan selengkapnya!

Sebagai negara beriklim tropis, sekedar menikmati air es tentu menjadi idaman banyak orang, tidak terkecuali bagi sebagian ibu yang tengah hamil. Namun karena mitos minum es yang masih banyak dipercaya masyarakat luas, ibu hamil pun seringkali menahan  untuk sekedar minum es.

Terkait hal ini, tentu semua orang tentu mengetahui bahwa dalam air es tidak mengandung kalori sama sekali. Beda kasusnya dengan mengkonsumsi es yang diberi tambahan gula ataupun pemanis lainnya seperti es teler, es buah ataupun es krim. Dengan demikian minum es saat hamil tidak ada kaitannya dengan melahirkan bayi yang berukuran besar. Mitos ini sebenarnya merupakan cara meminimalisir resiko kesehatan untuk ibu hamil.

Hal tersebut dilakukan karena saat ibu hamil mengkonsumsi air es secara berlebihan dapat mudah sakit, sehingga dapat mengganggu kesehatan janin. Konsumsi air es secara berlebihan juga dapat membuat ibu hamil mengalami kondisi kekenyangan. Meski terkesan sepele, hal ini dapat mengurangi porsi makan yang seharusnya dikonsumsi oleh ibu hamil.

Jadi, intinya minum air es hanya menurunkan imunologi si ibu dan menggangu termoregulasi janin saja. Tidak ada hubungannya dengan melahirkan bayi yang berukuran besar. Mudah sakitnya seseorang saat hamil juga erat kaitannya dengan konsumsi nutrisi yang seimbang. Karena itulah demi kesehatan ibu hamil, penting kiranya untuk menghindari mengkonsumsi es secara berlebihan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *