Jeans menjadi salah satu fashion item yang difavoritkan oleh banyak orang. Bahkan sebagian besar orang pasti memiliki jeans di lemari mereka. Celana jeans memang sangat nyaman untuk dikenakan dan fleksibel untuk berbagai jenis kegiatan. Mudah juga untuk memadukan celana berbahan jeans dengan berbagai atasan. Bisa dipadukan dengan kaos polos, kemeja, bahkan sweater.

Merawat Jeans

Meskipun terkesan kuat, namun bahan jeans ternyata membutuhkan teknik perawatan khusus. Jika Anda ingin jeans tetap awet dengan warna yang tidak pudar maka harus diterapkan teknik perawatan yang tepat. Berikut ini adalah 5 tips merawat jeans agar selalu bagus dan warnanya tidak kusam:

1. Jangan Terlalu Sering Dicuci

Berbeda dengan jenis pakaian lainnya, jeans tidak perlu terlalu sering dicuci. Mencuci jeans dengan intensitas yang terlalu tinggi justru akan merusak tekstur dan kualitas bahannya. Sangat disarankan untuk mencuci jeans pasca 10 kali pemakaian. Setelah selesai dipakai, gantung saja jeans terlebih dahulu dan pakai kembali saat dibutuhkan.

Selain merusak kualitas bahan, warna jeans juga akan lebih cepat pudar jika terlalu sering dicuci. Biasanya jika jeans terlalu sering dicuci tampilannya akan terlihat lebih kusam. Kontak terlalu sering dengan air dan sabun cuci akan merusak konsistensi warna pada jeans tersebut.

2. Cuci dengan Air Dingin

Jika sudah tiba waktunya untuk mencuci jeans, maka cucilah dengan cara yang tepat. Sangat direkomendasikan untuk memakai air dingin saat mencuci jeans. Air bersuhu rendah akan membantu menjaga warna jeans tidak mudah pudar. Sebaliknya, mencuci jeans dengan suhu air yang hangat akan mempercepat proses pudarnya warna pada jeans tersebut.

Selain suhu air, perhatikan pula jenis detergen yang akan dipakai untuk mencuci jeans. Sangat disarankan untuk memilih tipe detergen yang berbahan lembut. Formula detergen yang terlalu keras bisa menyebabkan warna jeans mudah rusak. Salah satu produk detergen yang disarankan adalah detergen khusus untuk pakaian bayi yang formulanya lebih lembut.

3. Balik Jeans sebelum Dicuci

Pada saat akan mencuci celana jeans, pastikan posisinya sudah terbalik. Artinya, bagian dalam dari jeans berada di luar. Anda bisa mencuci jeans dengan menggunakan tangan secara manual atau mesin cuci. Namun pastikan untuk selalu membalik jeans sebelum proses pencucian tersebut. Cara ini dilakukan untuk mencegah warna jeans luntur berlebihan dan akhirnya menjadi pudar.

4.  Hindari Memakai Mesin Pengering

Jeans merupakan jenis bahan yang cukup tebal dan berat. Setelah dicuci, jeans akan lebih sulit untuk kering dan memang membutuhkan waktu lebih lama sampai benar-benar kering. Banyak orang memilih untuk mengeringkan jeans dengan mesin pengering agar prosesnya bisa lebih cepat.

Mengeringkan jeans dengan memakai mesin adalah sebuah kesalahan besar. Kerja dari mesin pengering bisa membuat bahan jeans melar dan kualitas teksturnya rusak. Lebih disarankan untuk mengeringkan jeans secara manual. Biarkan jeans kering dengan sendirinya lewat proses penjemuran di bawah sinar matahari.

5.  Setrika dengan Cara Tepat

Jeans sebenarnya merupakan jenis bahan yang tidak perlu disetrika. Namun jika Anda memang ingin menyetrika jeans, maka lakukanlah dengan cara yang tepat. Balik dulu jeans sebelum disetrika, sehingga bagian yang terkena setrika adalah bagian dalam. Gunakan panas sedang dan jangan terlalu tinggi karena suhu tinggi bisa merusak warna dari jeans.

Itulah cara merawat celana jeans yang tepat agar warnanya tidak mudah pudar. Jika warna jeans bisa terjaga awet maka Anda juga pasti akan lebih percaya diri saat memakainya. Perawatan yang tepat juga akan membuat jeans tetap bisa nyaman saat dipakai.

Sumber:

https://wolipop.detik.com/fashion-news/d-5060172/7-cara-merawat-jeans-agar-tahan-lama-dan-warna-tidak-cepat-pudar

https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/31/090200465/6-cara-mencuci-jeans-yang-benar-agar-tetap-awet?page=all

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *